MINUMAN BERENERGI

Posted by Clode Boutique on Sabtu, 18 April 2015

MINUMAN BERENERGI adalah jenis minuman yang ditujukan untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. Bagi beberapa kalangan, MINUMAN BERENERGI diminum dengan tujuan untuk mencegah kantuk.

MINUMAN BERENERGI
MINUMAN BERENERGI

Jika umumnya di luar negeri (Amerika Serikat), MINUMAN BERENERGI digolongkan sebagai minuman ringan, di Indonesia, MINUMAN BERENERGI digolongkan sebagai minuman kesehatan.

Umumnya, MINUMAN BERENERGI dipasarkan dalam bentuk botol kecil yang siap minum, namun di Indonesia, dimotori oleh Extra Joss, dengan tujuan menekan harga jual, MINUMAN BERENERGI yang laku dipasarkan dalam bentuk sachet yang harus dicampur dengan air, biasanya air mineral, sebelum dikonsumsi. Saat awal peluncurannya, Extra Joss terkenal dengan frasa dalam iklannya di televisi, "Ini biangnya, buat apa botolnya!" yang sangat merekat erat dalam hati pengguna MINUMAN BERENERGI , dan langsung mengubah peta pemasaran MINUMAN BERENERGI di Indonesia yang saat itu didominasi merk asing, seperti Kratingdaeng, Lipovitan dan M-150. Selanjutnya beberapa merk domestik mengikuti produk sachet Extra Joss seperti Kuku Bima Ener-G, Hemaviton Jreng, dll.

Efek sampingan

MINUMAN BERENERGI mengandung bermacam-macam zat perangsang, yang ketika dicampur bisa berbahaya bagi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein, yang perupakan kandungan utama dalam MINUMAN BERENERGI dapat menimbulkan dehidrasi.

Ada beberapa catatan kematian seseorang setelah minum MINUMAN BERENERGI secara berlebihan.

Pada sebagian kasus, mengkonsumsi MINUMAN BERENERGI secara rutin dan terus menerus selama minimal 3 tahun dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis. Alfiah Kurnia, mahasiswi Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, UMS Solo pada tahun 2002 meneliti minuman suplemen merk A sebagai sampel studi kasus pada tikus putih. Di lapangan (rumah sakit hemodialisa atau tempat cuci darah rutin) ditemukan fakta menarik terhadap himbauan perawat atau suster Rumah Sakit PGI Cikini seperti berikut: kalo kta mama saya, MINUMAN BERENERGI itu bikin ginjal kerja keras ntar bisa gagal ginjal kata mama kalo sering2 mnum gtuan.

Bukan hanya konsumsi terhadap MINUMAN BERENERGI saja, akan tetapi juga terhadap es teh[4] seperti dikutip dari detik health dr Parlindungan Siregar, sppd-KGH dari bagian Ginjal dan Hipertensi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM. Sama halnya dengan es teh, konsumsi kopi[5] yang berlebihan dan rutin dapat menyebabkan masalah pada sistem ginjal.

Lain-lain.

Di Indonesia, MINUMAN BERENERGI sering dituliskan sebagai " MINUMAN BERENERGI ", yang artinya justru salah kaprah, karena dari segi tata bahasa, " MINUMAN BERENERGI " mengandung pengertian bahwa minuman ini mengandung energi di dalamnya. Padahal arti sebetulnya, minuman ini mengandung zat-zat yang diharapkan dapat menimbulkan energi bagi peminumnya.

Sekilas Tentang MINUMAN BERENERGI .

Gencarnya promosi MINUMAN BERENERGI yang membanjiri media kita, baik cetak maupun elektronik, membuat sebagian orang menjadi bertanya-tanya apakah sebenarnya MINUMAN BERENERGI tersebut? Apakah MINUMAN BERENERGI aman untuk saya? Promosi yang gencar tersebut mengesankan bahwa MINUMAN BERENERGI adalah minuman yang bebas diminum seperti halnya Coca Cola atau Fanta. Namun apakah benar demikian? Mari kita simak bersama tulisan berikut ini.

MINUMAN BERENERGI (energy drink) adalah sejenis minuman ringan (soft drink) yang mengandung kafein dan zat stimulan lainnya seperti efedrin, guarana, dan ginseng. Minuman ini tidak mengandung lebih banyak kalori dibanding minuman ringan, namun dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi orang yang meminumnya.

Mau tahu informasi kesehatan terpercaya? klik : MINUMAN BERENERGI .

Apakah MINUMAN BERENERGI Berbahaya?

Sebagian besar MINUMAN BERENERGI mengandung kafein, yang apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi akan menyebabkan berbagai macam efek samping berjangka waktu pendek. Kandungan kafein per botol MINUMAN BERENERGI sangat bervariasi, dari 50 mg hingga 505 mg. Oleh karena itu, seseorang dapat saja minum terlalu banyak kafein. Rekasi normal yang terjadi apabila terlalu banyak kafein yang masuk ke tubuh meliputi meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, dehidrasi (pada beberapa kasus), sakit kepala, serta kesulitan tidur. Kematian akibat kafein dosis tinggi juga pernah dilaporkan sebanyak 4 kasus.

Pada Kondisi Apakah Minuman Ini Sebaiknya Dihindari?

Jangan pernah meminum "energy drink" pada kondisi dimana tubuh beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat, karena efek diuretik kafein akan menyebabkan dehidrasi. Jangan pula meminum MINUMAN BERENERGI untuk mengimbangi efek samping alkohol. Ada beberapa orang yang meminum "energy drink" untuk membantu memulihkan efek mengantuk yang ditimbulkan oleh alkohol. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan keracunan kafein. Di bawah pengaruh alkohol, Anda akan minum terlalu banyak kafein. Anda juga harus paham bahwa kafein tidak mengurangi kadar alkohol dalam tubuh, sehingga apabila efek merangsang/waspada dari kafein menghilang, Anda akan dihadapkan pada efek mengantuk dari alkohol yang belum hilang.

Amankah MINUMAN BERENERGI Untuk Saya?

Pada dasarnya, MINUMAN BERENERGI relatif aman. Hanya saja perlu diwaspadai kandungan kafeinnya yang sangat bervariasi dari suatu merk ke merk yang lainnya. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Reissig CJ, Strain EC, dan Griffiths RR pada Johns Hopkins University School of Medicine yang membuktikan bahwa kandungan kafein dari suatu merk ke merk lainnya sangat bervariasi. Anda dituntut untuk bijaksana di sini, minumlah "energy drink" bila diperlukan. Jangan menjadikannya suatu kebiasaan seperti Anda minum Coca Cola atau Fanta.

MINUMAN BERENERGI sepertinya sudah tak asing lagi di masyarakat. Tapi sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa banyak bahaya kesehatan tersembunyi di balik MINUMAN BERENERGI .

" MINUMAN BERENERGI dapat mengandung seperempat cangkir gula dan juga mengandung lebih banyak kafein dibandingkan secangkir kopi," tutur John Higgins, dari University of Texas Medical School di Houston, seperti dilansir Foxnews, Selasa (16/11/2010).

Higgins menjelaskan, kandungan kafein dari MINUMAN BERENERGI berkisar 70-200 mg per 453 gram. Sebagai perbandingan, secangkir kopi (226 gram) dapat berisi 40 sampai 150 mg kafein, tergantung cara penyeduhannya. Karena kadar kafein yang tinggi ini membuat orang yang minum MINUMAN BERENERGI selalu merasa lebih bersemangat.

"Bahkan lebih dari itu, terkadang masih ada bahan yang tidak dicantumkan di label, seperti stimulan guarana, asam amino taurin, mineral dan vitamin, serta bahan lainnya yang bisa berinteraksi dengan kafein. MINUMAN BERENERGI biasanya juga dicampur dengan alkohol," jelas Higgins.

Yang harus menjadi perhatian, jelas Higgins, interaksi antara bahan-bahan tersebut dapat mempengaruhi denyut jantung, tekanan darah dan bahkan keadaan mental, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama untuk atlet.

Higgins dan rekannya telah meninjau literatur medis pada MINUMAN BERENERGI dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dari tahun 1976 hingga 2010.

Dari beberapa penelitian, pada orang dewasa muda yang aktif menunjukkan bahwa MINUMAN BERENERGI dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Bahkan bisa menyebabkan efek yang lebih serius seperti serangan jantung, kejang dan kematian.

Penelitian pada tikus juga menunjukkan bahwa taurin dapat membuat hewan pengerat tersebut berperilaku aneh, seperti cemas atau melukai diri sendiri.

"Kita memang bukan tikus, tetapi konsumsi MINUMAN BERENERGI telah terbukti berhubungan dengan perilaku berisiko tinggi," ujar Higgins.

MINUMAN BERENERGI biasanya sering dipromosikan untuk menunjang performa atlet. Tapi Higgins dan rekannya mencatat bahwa kafein dan beberapa bahan lain yang terkandung di dalamnya justru dapat mempengaruhi tubuh, bahkan untuk jangka pendek menyebabkan dehidrasi.

"Orang-orang yang menderita hipertensi tidak boleh minum MINUMAN BERENERGI . Selain itu, orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit jantung juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi MINUMAN BERENERGI ," saran Higgins.

MINUMAN BERENERGI di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia, saat ini tumbuh sangat pesat dan digemari banyak orang. Hal ini disebabkan karena kesegaran, kenikmatan dan diyakini karena manfaatnya.

Mengonsumsi MINUMAN BERENERGI seringkali menjadi pilihan para workaholic untuk menambah stamina serta energi sehingga dapat melakukan aktivitas yang begitu padat. Berdasarkan kandungannya, MINUMAN BERENERGI adalah minuman yang mengandung kafein, taurin, beberapa vitamin, suplemen herbal, dan gula atau pemanis buatan. Minuman yang biasanya dikemas dalam kaleng atau botol kaca ini dijual dan dipasarkan dengan jargon untuk meningkatkan energi. Tapi bagi sebagian orang, minuman ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan stamina untuk atlet, meningkatkan konsentrasi, dan bahkan memperbaiki mood ketika lelah dan kurang tidur.

Benar bahwa MINUMAN BERENERGI memang dapat menimbulkan stimulus bagi tubuh untuk beraktivitas. Namun, di balik kenikmatan tersebut ternyata tersimpan suatu bahaya jika dikonsumsi dengan cara yang tidak benar. MINUMAN BERENERGI ini pun sebenarnya tidak menghilangkan lelah seperti yang selama ini orang banyak pikirkan.

" MINUMAN BERENERGI yang diminum secara terus menerus dan dalam jumlah yang sangat banyak pastinya memiliki efek negatif. Kandungan kafein atau stimulan yang terkandung dalam minuman ini dapat memacu kerja jantung dan sistem saraf tubuh secara berlebihan," ujar dr. Margareta Amelia yang akrab disapa dr. Amel.

"Pada awalnya tubuh akan merasa berenergi dan menjadi lebih segar, akan tetapi disisi lain jumlah yang terlalu banyak akan membuat efek yang berlipat ganda yang sama halnya dengan overdosis", tambah dr. Amel.

Dr. Amel dari Meetdoctor.com ini juga menjelaskan lebih lanjut tentang kandungan gula di dalam MINUMAN BERENERGI yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan banyak efek negatif dalam jangka waktu panjang, seperti gangguan diabetes dan gangguan metabolik lainnya.

MINUMAN BERENERGI termasuk dalam minuman yang aman, selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak menjadikan diri ketergantungan. Untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar sebaiknya selalu menjalankan pola hidup yang baik yaitu dengan makan makanan yang memiliki gizi seimbang dan perbanyak minum air putih serta berolahraga secara rutin. Selain itu penting juga untuk tidak melupakan istiharat yang cukup, agar performa kerja dapat maksimal.

Kebanyakan MINUMAN BERENERGI (energi drinks) mengandung kafein yang memberikan tambahan energi bersifat sementara.

MINUMAN BERENERGI umumnya juga mengandung gula dan zat lainnya. MINUMAN BERENERGI hanya memberikan tambahan energi dalam waktu sesaat dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lain.

Sebagai contoh, MINUMAN BERENERGI yang mengandung gula akan menyebabkan peningkatan berat badan. Sedang terlalu banyak kafein dapat menyebabkan berbagai masalah seperti:

Gugup
Lekas marah
Insomnia
Detak jantung cepat
Peningkatan tekanan darah

Mencampur MINUMAN BERENERGI dengan alkohol bahkan berpotensi menimbulkan lebih banyak masalah.

MINUMAN BERENERGI berpotensi meningkatkan ambang batas mabuk, sehingga memicu seseorang lebih banyak mengkonsumsi alkohol.

Bagi kebanyakan orang, MINUMAN BERENERGI memang bisa membantu asal membatasi diri dengan mengkonsumsi maksimal 500 mililiter sehari.

Jika Anda sering merasa lelah atau letih, pertimbangkan cara lain yang lebih sehat untuk memulihkan energi Anda.

Dapatkan tidur yang cukup, termasuk olahraga teratur dalam rutinitas harian Anda. Perbanyak pula makanan sehat untuk menjamin ketersediaan energi bagi tubuh.

Jika strategi ini tidak membantu, konsultasikan dengan dokter. Kadang-kadang kelelahan adalah tanda adanya masalah kesehatan seperti hipotiroidisme atau anemia.

Terdapat beberapa kelompok yang tidak dianjurkan mengkonsumsi MINUMAN BERENERGI .

Seseorang yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi harus berhati-hati karena MINUMAN BERENERGI mungkin akan menyebabkan komplikasi.

Wanita hamil dan wanita menyusui dianjurkan pula membatasi konsumsi minuman ini.

Dengan semakin populernya MINUMAN BERENERGI , banyak orang tua khawatir tentang berapa banyak kafein yang bisa dikonsumasi anak-anak mereka.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa remaja tidak boleh mengasup kafein lebih dari 100 miligram sehari.

Anak-anak juga tidak boleh minum minuman berkafein secara teratur.

SENYAWA STIMULAN DALAM MINUMAN BERENERGI

Glutamin : asam amino non essensial) Esensial pada keadaan katabolik mis : sakit Dosis 50-60 mg/hari pada pasien tdk ada efek merugikan pada pasien (Garlick,2001 )

Sumber energi sel yang membutuhkan ATP, baik utk keperluan epitel saluran cerna, limfosit, fibroblast maupun retikulosit
Dalam otot rangka glutamin dapat meningkatkan sintesis protein
Merupakan asam amino kondisional sbg prekursor sintesis nuleotida, substrat pembentukan glikogen dan pengatur asam basa ginjal
Hal yang harus diperhatikan :
Merupakan metabolisme intermediate, glutamin potensial untuk berkembangnya penyakit metabolik (diabetes atau jantung koroner)
Glutamin dimetabolisme menjadi glutamat dan amonia yang memiliki efek neurologis

Jenis Minuman

Tubuh anda dapat memberi tahu kapan saatnya harus minum, namun tidak dapat memberi tahu apa yang harus diminum.Hal itu diserahkan kepada anda. Itulah alasan pentingnya memelajari cara menyesuaikan berbagai jenis minuman dengan gaya hidup.

Semua minuman dapat menghidrasi tubuh dan ada beberapa minuman yang menyediakan zat gizi penting bagi tubuh. Ada minuman yang dapat membuat anda merasa santai. Ada juga yang menyemangati anda. Ada yang sekadar memuaskan selera akan rasa manis – dengan atau tanpa kalori. Ada juga yang membantu anda berkinerja sebaik-baiknya. Bahkan ada yang dapat membantu anda mengatasi kekhawatiran akan kesehatan. Minuman apa pun dapat menjadi bagian dari pola kosumsi dalam pemeliharaan berat badan. Bagi banyak orang yang menyukai minuman kopi dan minuman ringan berpemanis serta minuman berkalori lainnya, dibutuhkan penilaian yang baik untuk menentukan jumlah (ukuran porsi) dan seberapa sering minuman ini dikonsumsi. Untungnya bagi mereka yang mengawasi berat badan, ada juga aneka jenis minuman pemuas dahaga yang rendah kalori termasuk di dalamnya air, teh, kopi, dan minuman ringan diet.

Pelajarilah lebih lanjut jenis-jenis minuman untuk membantu Anda menyertakan beragam minuman ke dalam pola konsumsi sambil menyeimbangkan kebutuhan hidrasi, nutrisi, dan gaya hidup.

Air
Air Minum Dalam Kemasan (AMDK): Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendeskripsikan AMDK sebagai air yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia dan disegel di dalam botol atau wadah lainnya tanpa bahan tambahan, kecuali zat antimikroba yang aman dan cocok.Air Sumber Alami: Air yang berasal dari formasi bawah tanah yang mengalir secara alami ke permukaan bumi. Air sumber alami hanya boleh diambil di mata air atau lewat lubang bor yang menyadap formasi bawah tanah yang memasok mata air itu.

Air Termurnikan: Air yang telah diproses dengan metode seperti distilasi, deionisasi, osmosis balik, atau proses yang cocok lainnya untuk memenuhi kriteria bagi air termurnikan.

Air Mineral: Air yang mengandung sekurang-kurangnya 250 bagian per juta (ppm) padatan terlarut total. Air mineral dibedakan dari jenis AMDK lainnya oleh kadar konstan serta proporsi relatif mineral dan unsur yang terlacak di titik air ini muncul langsung dari sumbernya.

Air Sumur: Air dari lubang yang dibor ke dalam tanah, yang menyadap akuifer (lapisan batu atau pasir bawah tanah yang secara alami mengandung air).

Air Artesis: Air yang berasal dari sumur yang menyadap akuifer terkurung yang tingkat airnya bertahan pada suatu ketinggian di atas akuifer.

Air Ledeng: Air yang berasal langsung dari jaringan air umum ke keran rumah anda.

Air Berkarbonasi  (Alami) Dalam Kemasan: Air yang setelah diproses dan setelah digantikan dengan karbon dioksida baru, mengandung jumlah karbon dioksida yang sama dengan ketika pertama kali diambil dari sumbernya. Air berkarbonasi dalam kemasan dapat juga diberi rasa, dengan perisa alami atau buatan.

Air Tonik: Air berkarbonasi yang diberi rasa dengan kuinina dan pemanis seperti gula, sirup jagung fruktosa tinggi, atau pemanis rendah kalori.Kuinina, dari kulit pohon kina, digunakan sebagai bahan dasar pada sebagian besar perasa pahit.

Minuman Air Bercita Rasa: Minuman non-karbonasi bercita rasa yang diberi perasa sangat ringan dan dimaniskan dengan pemanis rendah dan tanpa kalori. Minuman ini dapat juga mengandung bahan baku tambahan lainnya.

Susu dan Minuman Berbasis Produk Susu
Susu tersedia dalam banyak variasi, antara lain susu murni, susu 2%, susu 1%, susu skim, bercita rasa, diperkuat, bebas laktosa, evaporasi, kental, dan dadih.Susu adalah sumber terbaik untuk kalsium serta sumber yang baik untuk zat gizi esensial lainnya, antara lain vitamin D, kalium, vitamin B12, riboflavin, fosfor, dan protein.

Segelas susu 250 ml mengandung 280 mg kalsium, atau sekitar sepertiga asupan kalsium harian yang disarankan bagi dewasa berumur kurang dari 50 tahun.

Kandungan lemak susu memengaruhi secara nyata tingkat kalorinya. Di Amerika Serikat, susu murni memberikan sekitar 144 kalori dan 8-9 gram lemak per porsi saji 240 ml. Ukuran porsi saji yang sama dari susu 2% mengandung sekitar setengah jumlah lemak (sekitar 5 gram) dan 120 kalori per porsi saji 240 ml. Susu skim hampir bebas lemak dan mengandung sekitar 88 kalori per sajian 240 ml.

Minuman Berbasis Kedelai.
Banyak minuman berbasis kedelai mengandung beragam zat gizi yang mencakup protein, karbohidrat, kalium, vitamin B, besi, fosfor, serta sejumlah kecil natrium dan magnesium. Banyak juga yang difortifikasi dengan zat gizi, pada umumnya vitamin A, kalsium dan vitamin D, sementara sebagian juga ditambahkan dengan riboflavin, seng, dan vitamin B12. Kedelai mengandung zat kimia tumbuhan (fitokimia) dengan kadar cukup tinggi, antara lain isoflavon dan fitosterol.

Jus.
Jus buah dan sayur dapat menambah asupan anda, sepanjang mayoritas buah dan sayur itu berasal dari pangan utuh.Sebagian besar jus 100% adalah sumber alami kalium, folat, dan antioksidan, yang mencakup vitamin C dan beta karoten. Banyak jus buah dan sayur juga sumber fitokimia, zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan yang mungkin berefek melindungi kesehatan. Dan, karena berasal dari buah, secara alami jus mengandung fruktosa, gula sederhana yang ditemukan pada buah yang menyediakan karbohidrat dan kalori (energi).

Jus tersedia dalam banyak variasi yang mencakup perasan segar, bebas bulir buah, perasan sendiri, bukan dari konsentrat, konsentrat, campuran rasa, difortifikasi, dan yang mengandung bahan fungsional, seperti plant sterol.

Minuman Jus.
Minuman jus mengandung jus buah, namun pada tingkat kurang dari 100%. Sebagian mengandung 50% atau lebih jus buah, sebagian lainnya mengandung 5% atau kurang. Produsen wajib menyantumkan persentase kandungan jus buah sesungguhnya pada label produk.

Kandungan zat gizi minuman jus bergantung pada jumlah jus 100% yang digunakan di dalam produk dan zat gizi apa yang ditambahkan. Di Indonesia, panel Informasi Nutrisi pada kemasan minuman jus menyediakan informasi tentang kadar jus, kalori, vitamin dan mineral, serta zat gizi lainnya.

Kopi.
Kopi tersedia dalam banyak variasi yang mencakup berkafein, dekafein, seduh, panggang kering, instan, bercita rasa, es, dan siap minum.Kopi biasa dan espresso tidak memberikan kalori, namun dapat mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah sangat kecil yang berasal terutama dari air yang dipakai untuk menyeduh. Namun, krim, susu, gula atau perasa populer lainnya seperti cokelat dan sirup yang lazim ditambahkan ke kopi dapat menyumbangkan kalori yang cukup besar. Sementara secangkir kopi 12 ons tidak mengandung kalori, mocha latte bervolume sama memberikan sekitar 340 kalori.

Kopi juga mengandung kafein.Tergantung pada caranya menyeduh, sajian 240 ml kopi tetes biasa memberikan sekitar 104-192 mg kafein. Satu porsi espresso 1,5 ons mengandung antara 30 dan 100 mg. Bahkan kopi dekafein mengandung sejumlah kecil kafein, sekitar 2 hingga 4 mg per porsi saji 240 ml. Pelajari kafein lebih lanjut .

Polifenol, zat yang diyakini memiliki sifat antioksidan, ditemukan pada kopi dan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, studi yang menelaah manfaat kesehatan kopi telah menemukan hasil-hasil yang beragam.

Teh.
Teh hadir dengan banyak variasi yang mencakup herbal, berkafein, es, manis, instan, dan siap minum.Seperti kopi, teh tidak memberikan kalori, karbohidrat, protein, atau lemak. Teh, khususnya teh hijau dan hitam, adalah sumber yang baik untuk flavonoid, zat yang diyakini bersifat antioksidan.

Minuman Ringan.
Minuman ringan adalah minuman berkarbonasi tanpa alkohol yang mengandung  perisa, pemanis, dan bahan lainnya. Bergantung pada pemanis yang digunakan, minuman ringan bisa mengandung kalori, namun bisa juga tidak. Minuman ringan mencakup minuman reguler, diet, rendah kalori, kalori sedang,  berperisa, berkafein, dan bebas kafein.Minuman ringan dikarbonasi dengan menambahkan karbon dioksida ke dalam larutan minuman dengan menggunakan tekanan. Membuka wadah minuman ringan akan melepaskan karbon dioksida dalam bentuk gelembung.Gelembung ini memperkuat cita rasa minuman.

Sebagian besar minuman ringan berkarbonasi reguler dan kalori sedang yang dijual di Amerika Serikat dimaniskan dengan sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS – high fructose corn syrup), sejenis karbohidrat berkalori yang memberikan 4 kalori per gram. Satu porsi saji 12 ons minuman ringan jenis kola reguler mengandung sekitar 140 kalori, atau 11 kalori per ons. Minuman ringan jenis kola kalori sedang secara umum mengandung sekitar setengah jumlah itu. Minuman ringan diet hampir tidak mengandung kalori dan dikuatkan rasanya dengan pemanis rendah dan tanpa kalori, antara lain asesulfam kalium, aspartam, sakarin, dan sukralosa.

Minuman ringan juga mengandung sejumlah kecil natrium, terutama dari air yang digunakan pada minuman ringan, serta kalium dan fosfor dengan jumlah yang tidak berarti secara gizi.

Minuman Olahraga.
Minuman olahraga reguler mengandung karbohidrat penghasil energi dan elektrolit, antara lain natrium, kalium, dan klorida. Sebagian besar minuman olahraga diformulasi untuk menyediakan jumlah energi yang disarankan guna mendukung kinerja optimal selama aktivitas fisik berkepanjangan, dan membantu memelihara keseimbangan cairan dengan menggantikan elektrolit yang hilang lewat keringat.

MINUMAN BERENERGI .
Bahan dan kandungan zat gizi aneka merek MINUMAN BERENERGI sangat bervariasi . MINUMAN BERENERGI mengandung karbohidrat dan kafein; dan ada beberapa yang mengandung vitamin B, asam amino, serta ekstrak tumbuhan seperti gingko.Walaupun kadar kafein bervariasi menurut merek, MINUMAN BERENERGI yang lazim dijual di Indonesia mengandung sekitar 50 mg kafein per porsi saji sebagai batas maksimum. Pelajari lebih lanjut tentang kafein.

Minuman Beralkohol.
Kadar gizi pada minuman beralkohol amat bergantung pada keragaman alkoholnya. Semua minuman beralkohol menyediakan kalori dari alkohol dan karbohidrat. Bir juga mengandung protein, kalium, dan fosfor dalam jumlah yang sangat kecil, sementara minuman keras sulingan dapat mengandung beberapa vitamin dan mineral. Anggur mengandung kalium, natrium dan fosfor dalam jumlah yang sangat kecil, dan sebagian zat kimia tumbuhan seperti polifenol dan flavonoid.Alkohol menghasilkan 7 kalori per gram – hampir sebanyak lemak dan hampir dua kali karbohidrat. Mereka yang memilih untuk mengonsumsi alkohol harus melakukannya dengan hati-hati. Asupan alkohol sedang, dimaknai sebagai konsumsi hingga satu porsi saji minuman per hari bagi perempuan dan hingga dua porsi saji minuman per hari bagi laki-laki.

Minuman tidak hanya dapat diminum – anda juga dapat menggunakannya untuk memasak guna menciptakan formulasi cita rasa baru atau menambah sentuhan manis yang alamiah pada resep favorit.

A. Suplemen MINUMAN BERENERGI
Suplemen MINUMAN BERENERGI adalah minuman penambah energi termasuk ke dalam kategori suplemen makanan. Suplemen makanan merupakan produk yang dapat melengkapi kebutuhan zat gizi makanan, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino atau bahan lain yang mempunyai nilai gizi dan atau efek fisiologis dalam jumlah terkonsentrasi. (Enny Sophia, 2009)
Suplemen MINUMAN BERENERGI berbeda dengan minuman sumber energi. Suatu produk minuman dapat disebut sebagai sumber energi bila dalam satu takaran saji mengandung sekurang-kurangnya 250-280 kkal. Sebagai gambaran kecukupan energi pria dewasa usia 20-45 tahun adalah sebesar 2.800 kkal/hari, sedangkan usia 46-59 tahun adalah 2.500 kkal/hari. Sedangkan kontribusi MINUMAN BERENERGI terhadap pemenuhan kebutuhan energi khususnya pria dewasa adalah berkisar 7-15% bila dikonsumsi 2-3 kali sehari atau kandungan energinya berkisar 100-112 kkal untuk satu takaran saji (150 ml/botol). Dari perhitungan ini diketahui bahwa suplemen MINUMAN BERENERGI belum termasuk dalam golongan minuman sumber energi.
Dilihat komposisinya, yang perlu diwaspadai dari MINUMAN BERENERGI adalah kandungan kafeinnya. Mengutip beberapa hasil penelitian, dosis 100-150 mg kafein merupakan batas aman konsumsi. (Julius kurnia,2008)

1. Macam Suplemen MINUMAN BERENERGI , antara lain :
Suplemen MINUMAN BERENERGI diformulasikan dalam bentuk cair, tablet atau serbuk effervescent (serbuk/tablet buih). (Kris_ITD, 2008)
A. Cair
Suplemen MINUMAN BERENERGI bentuk cair mudah ditelan dan juga dapat diberi tambahan rasa, sehingga lebih menarik untuk diminum.
B. Tablet
Mudah disimpan dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih panjang dibanding obat bentuk lainnya. Pada vitamin dalam bentuk tablet dapat ditambahkan dengan zat pembawa yang disebut excipient. Senyawa ini membuat tablet lebih mudah dicerna di usus.
C. Serbuk
Seseorang yang sulit menelan kapsul atau tablet dapat mengonsumsi MINUMAN BERENERGI dalam bentuk serbuk dengan cara melarutkannya dalam air.
2. Kandungan Suplemen MINUMAN BERENERGI , antara lain:
A. Efedrin
Bahan perangsang/stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat. Efedrin merupakan bahan umum dalam ramuan produk pelangsing dan pelega nafas/hidung tersumbat (decongestant). Namun, ada perhatian khusus terhadap efeknya pada jantung.

B. Kafein
Kafein adalah sejenis obat yang secara natural diproduksi oleh daun dan benih pada beberapa jenis tanaman. Berasal dari tanaman kopi, teh, dan biji kakau, Kafein juga bisa diproduksi dengan sengaja dan ditambahkan pada bahan-bahan makanan kafein sebagai zat nonnutrien yang terdapat pada makanan. Kafein bekerja sebagai stimulan susunan syaraf pusat, jantung, pernafasan, efek lain kafein adalah relaksasi otot polos, merangsang diuresis, peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan aliran darah ke otot serta mengganggu fungsi hati. Di dalam tubuh, kafein mengalami perjalanan melewati saluran cerna dan diserap hampir 100 persen, serta puncak konsentrasi di darah sekitar 15 menit sampai 20 menit. Kadar atau level maksimum yang diperbolehkan adanya kafein dalam tubuh tak lebih dari 12 mikro gram dalam setiap 1 ml urin atau menjaga konsumsinya tidak lebih dari 500 mg kafein atau 7-8 gelas. (Sahabattelapak, 2010)
C. Taurin
Asam amino diperlukan untuk membantu mengatur detak jantung dan kontraksi otot pada saat kita bekerja.
D. Ginseng
Sejenis akar tumbuhan yang dipercaya mengandung bermacam-macam bahan berkhasiat obat, diantaranya pengurang stres dan menambah tenaga.
E. Vitamin A
Vitamin A adalah salah satu zat gizi mikro yang diperlukan tubuh yang ber
Guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dan kesehatan mata.

F. Karnitin
Asam organik yang membantu menyediakan tenaga untuk kontraksi otot.
G. Inositol
Salah satu anggota vitamin B kompleks (bukan vitamin tersendiri, karena tubuh manusia mampu membentuknya), yang membantu menyampaikan pesan-pesan di dalam sel-sel tubuh.
H. Ginko biloba
Terbuat dari biji pohon Ginko biloba, diperkirakan dapat meningkatkan daya ingat. (Jmabuka 2009)
I. Vitamin E
Berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan, vitamin E banyak ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian. Mengonsumsi makanan mengandung vitamin E mampu menekan risiko penyakit jantung dan kanker. (Kompas.Com, 2008)
J. Vitamin B-kompleks
Vitamin B-kompleks berguna dalam pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit B1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3 untuk memperlancar peredaran darah dan kulit, vit B5 bagus untuk pertumbuhan rambut sedangkan vit B6 diperlukan pada wanita hamil yang mengalami muntah-muntah. (Sukma Merati, 2009)

K. Royal Jelly
Zat ini juga mengandung protein dan vitamin C dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh (Sukma Merati, 2009)
B. Kalsium
Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Kalsium merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih besar dibanding mineral lainnya. Kalsium dalam tubuh sekitar 99 persen berada di dalam jaringan keras yaitu tulang dan gigi, sedangkan 1 persen kalsium berperan untuk mengatur fungsi sel, untuk transmisi syaraf, kontraksi otot, penggumpalan darah, menjaga permeabilitas membran sel, mengatur fungsi hormon sebagai faktor pertumbuhan. Kalsium tulang berada dalam keadaan seimbang dengan kalsium plasma pada konsentrasi kurang lebih 2,25 - 2,60 mmol/1 (9-10,4 mg/100ml). (Sanni Krisdawati,1992).
Kalsium merupakan unsur penting dari membran biologis, penurunan konsentrasi kalsium di luar sel akan menyebabkan peningkatan permeabilitas dan kepekaan membran sel, kalsium berperan dalam mekanisme kerja hormon di dalam sel. (Sylvia A.P, Loraine M.C.W 1992).
Penurunan kadar kalsium akan mengundang hormon paratiroid untuk bereaksi pada tulang dan melepaskan sebagian kalsiumnya supaya kadar dalam darah dipertahankan, sebaliknya kadar kalsium yang melampaui batas

Fisiologis akan diturunkan dengan mengembalikan eksesnya ke tulang. (Pudjiani Solihin,2001).
C.Kebutuhan Kalsium
Mengenahi kebutuhan tubuh akan kalsium adalah sekitar 0,8 gr per sehari (bagi orang dewasa normal). Rata-rata kebutuhan kalsium bagi orang dewasa adalah 7 sampai 7,5 mg per kilogram berat badan atau kurang lebih 0,5 sampai 0,7 gram seharinya (maria C. Lunder, 1996)
D. Sumber Kalsium
1. Sumber Kalsium
Kalsium dapat diperoleh dengan mudah dari makanan yang biasa dimakan sehari-hari. Beberapa contoh makanan yang kaya dengan kalsium adalah susu dan hasil olahan nya seperti keju, tahu, tempe, dan sayuran seperti sawi dan bayam, serta air minum (Julia R, 1996)
2. Akibat Kekurangan Kalsium
Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh. Semua orang dewasa, terutama sesudah usia 50 tahun, kehilangan kalsium dari tulangnya. Tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Hal ini dinamakan osteoporosis yang dapat dipercepat oleh keadaan stress sehari-hari.
Osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita daripada laki-laki dan lebih banyak pada orang kulit putih daripada kulit berwarna. Disamping itu osteoporosis lebih banyak terjadi pada perokok dan peminum alkohol.

Kekurangan kalsium dapat pula menyebabkan osteomalasia, yang dinamakan juga riketsia pada orang dsewasa dan biasanya terjadi karena kekurangan vitamin D dan ketidak seimbangan konsumsi kalsium terhadap fosfor. Mineralisasi matriks tulang terganggu sehingga kandungan kalsium di dalam tulang menurun. Kadar kalsium darah yang sangat rendah dapat menyebabkan tetani atau kejang. Kepekaan serabut saraf dan pusat saraf terhadap rangsangan meningkat, sehingga terjadi kejang otot misalnya pada kaki. ( Ambar Wicaksono,2009 )
E. Hubungan Kadar Kalsium Darah Dengan Peminum MINUMAN BERENERGI
Mengkonsumsi MINUMAN BERENERGI dapat memberi dampak terhadap kalsium dalam tubuh. Kafein dalam MINUMAN BERENERGI menyebabkan tubuh kehilangan kalsium dan memicu hilangnya massa tulang dari waktu ke waktu. Asupan kalsium yang rendah dapat menyebabkan dekalsifikasi tulang, tulang rapuh, dan akhirnya dapat berkembang menjadi osteoporosis. (Siswono, 2007)
F. Pemeriksaan Kadar Kalsium
Pemeriksaan kadar kalsium dapat dilakukan dengan menggunnakan serum atau plasma. Untuk pemeriksaan kadar kalsium dikenal bermacam-macam metoda :
A. Metoda Chloranilat
Prinsip: kalsium dalam serum diendapkan sebagai kalsium chloranilat dengan menambahkan larutan jenuh Natrium Chloranilat. Endapan
Diucuci dengan isopropyl alkohol untuk menghilangkan sisa-sisa chloranilat. Seterusnya direaksikan dengan EDTA basa. Membentuk ikatan komplek kalsium EDTA dengan akibat terbentuknya asam chloranilat bebas berwarna merah ungu dan diukur secara photometri.
B. Metoda titrasi dengan EDTA
Prinsip: Kalsium pada serum dalam suana basa dititrasi dengan larutan EDTA dengan petunjuk Cal-Red. Perubahan warna dari ungu menjadi merah biru.
C. Metoda O-Cresolphthalein komplexon
Prinsip: Protein dari plasma atau serum diendapkan dengan buffer asam asetat dalam suasana panas. Kalsium yang bebas direaksikan dengan pereaksi warna dalam suasana basa, maka terbentuklah ikatan komplek Ca - O - Cresolphthalein komplexon yang berwarna ungu. Pada pemeriksaan kadar kalsium darah menggunakan metoda O Cresolphthalein komplexon secara photometri mempunyai keuntungan yaitu mudah dilakukan juga tidak memerlukan banyak waktu, hasilnya dapat dipercaya.

Apakah anda ingin mendapatkan hadiah Rp 25 Juta dari MINUMAN BERENERGI ?

BACA SELENGKAPNYA DI : http://goserpindo.blogspot.com/2015/04/minuman-berenergi-aman-tidak-berbahaya.html

Blog, Updated at: 23.08

0 komentar:

Posting Komentar